UDiNus Repository

Automatically Sending SMS pada Sistem Informasi Monitoring Jaringan Metro Ethernet Huawei CX600-X Series di PT. Telkom Solo

KOESPRATMANTO, ICHSAN KURNIADHI (2013) Automatically Sending SMS pada Sistem Informasi Monitoring Jaringan Metro Ethernet Huawei CX600-X Series di PT. Telkom Solo. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (1143Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Kebutuhan internet dewasa ini berkembang dengan pesat seiring dengan perubahan informasi yang semakin cepat. PT Telekomunikasi sebagai perusahaan penyedia layanan data harus mampu mengakomodasi kebutuhan pelanggan di era persaingan yang semakin ketat. Saat ini jaringan data yang menghubungkan antar kota harus mempunyai kapasitas yang besar untuk menampung traffic yang semakin bertambah. PT Telkom menggunakan perangkat Metro Ethernet sebagai perangkat komunikasi data untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Perangkat Metro Ethernet Huawei CX600-X Series dipilih untuk jaringan berskala metro dikarenakan teknologi ethernet telah digunakan secara luas oleh masyarakat, terutama dalam LAN. Untuk memonitoring network Metro Ethernet Huawei CX600-X Series menggunakan NMS (Network Management System). Saat ini NMS Metro Ethernet hanya bisa diakses oleh PC yang telah diinstalasi NMS Client, bila PC Client rusak harus menunggu Vendor Huawei untuk menginstall program NMS Client. NMS belum dilengkapi dengan SMS Server atau tidak bersifat proaktif sehingga petugas harus rajin mengamati melalui display monitor atau menunggu telepon dari pelanggan bila mengalami gangguan dan masih dimungkinkan terjadi keterlambatan informasi gangguan akibat kelalaian petugas. Laporan tugas akhir ini akan menguraikan rancangan informasi tentang Sistem Informasi Monitoring Jaringan Metro Ethernet Huawei CX600-X Series tersebut yang meliputi halaman awal, monitoring, data gangguan, sms gateway dan data node.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:22
      Last Modified: 17 Nov 2014 21:53
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12160

      Actions (login required)

      View Item