UDiNus Repository

IMPLEMENTASI DAN PERANCANGAN SISTEM PAKAR SEBAGAI SARANA KONSULTASI SISWA BERMASALAH

ARIE, KURNIAWAN (2013) IMPLEMENTASI DAN PERANCANGAN SISTEM PAKAR SEBAGAI SARANA KONSULTASI SISWA BERMASALAH. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (432Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Tingkat kenakalan siswa dalam studi masalah sosial dapat dikategorikan ke dalam perilaku menyimpang. Dalam perspektif perilaku menyimpang masalah sosial terjadi karena terdapat penyimpangan perilaku dari berbagai aturan-aturan sosial ataupun dari nilai dan norma sosial yang berlaku. Perilaku menyimpang dapat dianggap sebagai sumber masalah karena dapat membahayakan tegaknya sistem sosial.Untuk membuat Sistem Pakar Konsultasi ini, penulis menggunakan teknik pencarian Depth First Search (DFS) dan Backward Chaining sebagai mesin inferensinya. Pengujian dan memberikan beberapa penyebab masalah yang biasa di alami siswa siswi di sekolah menjadi fakta utama yang harus di ketahui dan diterapkan untuk melihat kelayakan dari program serta memperoleh efisiensi dalam konseling siswa. Hasil pengujian pada sistem pakar menunjukkan sistem pakar sudah layak berdasar quisioner pada pengujian, pada pengujian dapat disimpulkan sistem pakar dengan metode pencarian DFS lebih efisien dan efektif digunakan di lingkungan pendidikan. Penulis berharap sistem pakar ini dapat membantu siswa siswi yang sering bermasalah di sekolah dan sistem pakar ini membantu memberikan solusi dan juga sebagai media pedekatan yang dilakukan siswa maupun guru bimbingan karena pada umumnya siswa takut berhubungan langsung dengan guru bimbingan konseling.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:23
      Last Modified: 17 Nov 2014 20:59
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12195

      Actions (login required)

      View Item