UDiNus Repository

Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Guru Teladan Di SMP N 24 Semarang Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

AJI, DEWANTORO (2013) Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Guru Teladan Di SMP N 24 Semarang Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (528Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3934b) | Preview

      Abstract

      Dalam penilaian guru berprestasi di SMP N 24 Semarang pada umunya masih menggunakan sistem yang masih manual, sehingga membuat pengolahan data guru berprestasi sangat lamban, dan banyaknya guru yang ada membuat pengolahan data untuk menentukan guru berprestasi butuh ketelitian yang sangat tinggi. Semua itu dikarenakan pengolahan data dilakukan oleh kepala sekolah, sedangkan kepala sekolah sendiri sehari-harinya mengajar para siswa, sehingga waktu yang ada sangat kurang untuk melakukan penyeleksian guru berprestasi. Makalah ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem pendukung keputusan yang mempunyai kemampuan analisa pemilihan guru berprestasi dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting, dimana pada setiap kriteria memiliki bobot tersendiri. Bobot yang telah diberikan berfungsi untuk memprioritaskan kriteria mana yang lebih diunggulkan. Setelah nilai yang telah ada dimasukan kedalam rumus Simple Additive Weighting akan menghasilkan output nilai prioritas tertinggi pada semua guru. Sistem pendukung keputusan ini membantu penilaian setiap guru, melakukan perubahan kriteria, dan perubahan nilai bobot. Hal ini berguna untuk memudahkan pengambil keputusan yang terkait dengan masalah pemilihan guru berprestasi, sehingga akan di dapatkan guru yang paling layak diberi reward atau penghargaan.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:29
      Last Modified: 17 Nov 2014 06:49
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12367

      Actions (login required)

      View Item