UDiNus Repository

Katalog Digital Seni Tari Tradisional Jawa Tengah Berbasis Web dengan Fitur Pencarian Data Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier

NIKEN, MAYASARI DWI (2013) Katalog Digital Seni Tari Tradisional Jawa Tengah Berbasis Web dengan Fitur Pencarian Data Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (708Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3962b) | Preview

      Abstract

      Seni identik dengan keindahan yang dicipta untuk pemenuhan kebutuhan rohani dan jasmani dalam rangka aktivitas manusia. Sebagai seni pertunjukan, tari hadir dengan garap beberapa unsur medium yang paling mendasar dari cabang-cabang seni, diantaranya: gerak tubuh sebagai media garap tari, bunyi dan bahasa sebagai media garap iringan, serta seni rupa yang diaktualisasikan lewat media garap rias dan busana, yang kesemuanya direalisasikan kemunculannya secara komplementer. Untuk tetap melestarikan warisan budaya tradisional khusunya seni tari dibutuhkan wadah pendokumentasian yang dapat mengelola seni tari secara digital agar masyarakat luas dapat mudah mengakses. Perangkat lunak pada penelitian ini berupa katalog digital yang dapat menjadi sistem pendokumentasian seni tari secara lebih luas dan menarik. Katalog digital yang akan dibangun ini menggunakan fitur pencarian menggunakan metode naive bayes classifier, yaitu metode yang dapat memilih prosentase kata terbanyak sebagai kata kunci, berdasarkan kemunculan kata dalam sebuah artikel informasi, dimana pengguna sistem dapat dengan mudah mencari kata kunci pencarian tari untuk lebih memaksimalkan dan mempermudah akses data.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:29
      Last Modified: 17 Nov 2014 06:40
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12372

      Actions (login required)

      View Item