UDiNus Repository

Rekayasa Sistem Penjadwalan Pengiriman Pupuk pada KUD WIJAYA KUSUMA Kuwaron Menggunakan Metode Antrian FIFO (First In First Out).

ARYANA, CHAERUNNISSA (2013) Rekayasa Sistem Penjadwalan Pengiriman Pupuk pada KUD WIJAYA KUSUMA Kuwaron Menggunakan Metode Antrian FIFO (First In First Out). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (870Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Kegiatan logistik sudah dialami sejak jaman dahulu kala namun masih dilakukan secara tradisional dan sederhana. Pada saat ini organisasi perusahaan dalam praktik sehari-hari tidak hanya menitikberatkan pada masalah administrasi manajemen saja, akan tetapi juga mengurus kegiatan pengolahan dan penyimpanan bahan baku maupun bahan jadi. Kegiatan logistik tersebut dapat berjalan baik bila terdapat sistem yang terpadu dalam perusahaan. KUD WIJAYA KUSUMA Kuwaron merupakan salah satu usaha desa yang bergerak dalam bidang usaha perdagangan sebagai distributor pupuk PT.PUSRI untuk wilayah pemasaran Kecamatan Gubug. KUD WIJAYA KUSUMA bergerak pada bidang logistik dan transportasi, menangani pendistribusian produk dari PT. PUSRI. Pendistribusian produksi pupuk tersebut dilakukan melalui area serta Depo (Depot Logistik) yang berada di berbagai kota di Indonesia. Jadwal pendistribusian tersebut saat ini masih dilakukan secara manual, sehingga terkadang terjadi kesalahan penjadwalan serta perhitungan jumlah pupuk yang harus dikirimkan, yang dapat mengakibatkan terjadinya Out Of Stock di beberapa lokasi. Tujuan Tugas Akhir ini adalah menyediakan data dan laporan secara cepat dan akurat sehingga dapat diketahui produktifitas, dan menerapkan rekayasa sistem penjadwalan pengiriman pupuk pada KUD WIJAYA KUSUMA Kuwaron. Metode pengumpulan data meliputi wawancara/interview, metode observasi serta metode studi pustaka. Metode perancangan sistem ini menggunakan alat bantu yang meliputi : Context Diagram, Decomposisi Diagram, DFD Levelled, ERD, Normalisasi, Kamus Data, Merancang desain input-output. Dari hasil analisa dan perancangan Rekayasa Sistem Informasi Penjadwalan Pengiriman Pupuk Pada KUD WIJAYA KUSUMA Kuwaron yang berbasis komputer maka dapat diambil hal yang baik dari sistem baru tersebut antara lain memberikan kemudahan informasi penjadwalan secara tepat guna dan akurat, memudahkan dalam pembuatan laporan yang dibutuhkan.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:29
      Last Modified: 17 Nov 2014 06:31
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12376

      Actions (login required)

      View Item