UDiNus Repository

PERANCANGAN HIGH AVAILABILITY SYSTEM PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG BERBASIS MYSQL CLUSTER

AMRAN, YOBIOKTABERA (2013) PERANCANGAN HIGH AVAILABILITY SYSTEM PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG BERBASIS MYSQL CLUSTER. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (271Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Teknologi komunikasi data semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Saat ini, data harus dapat disajikan secara cepat dan tepat. Hal inilah yang menjadikan penyajian data menjadi suatu hal yang sangat penting. Database merupakan penyedia data yang harus dijaga stabilitas penyediaannya. Pengelolaan database yang baik dalam suatu sistem dapat meningkatkan ketersediaan data penting yang digunakan untuk menghasilkan informasi. Karena pentingnya database dalam suatu sistem, dibutuhkan perancangan server yang handal dan mumpuni untuk menjalankannya. Salah satu perancangan sistem yang baik adalah dengan menerapkan High Availability (HA). Konsep High Availability mengacu pada sistem atau komponen yang beroperasi dalam waktu yang lama hingga mencapai tingkat available sebesar 99,9 % atau sistem yang hampir tidak pernah mengalami down time (Margaret Rouse – TechTarget, 2005). Salah satu metode untuk menerapkan high availability adalah menggunakan MySQL Cluster. MySQL Cluster memungkinkan data dapat dilayani oleh sekelompok database yang bersifat live replication dan failover dalam suatu jaringan yang kompleks. Untuk mengimplementasikannya, dilakukan perancangan pada server Sistem Informasi Akademik Universitas Muhammadiyah Semarang (SiAmus) dengan menggunakan metode prototyping. Perancangan dilakukan pada prototype database Siamus dengan membuat node-node cluster yang saling melakukan live replication selama dilakukan transaksi. Setelah dilakukan pengujian, dapat disimpulkan bahwa SiAmus dengan High Availability menggunakan metode MySQL Cluster memiliki tingkat availability yang tinggi hingga mencapai 99,9% dibandingkan dengan sistem sebelumnya yang mencapai tingkat availability hanya sebesar 95,9%. Selain itu, dari sisi performance terlihat bahwa SiAmus dengan high availability memiliki throughput dan response time yang lebih baik dibanding sistem sebelumnya meskipun tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:31
      Last Modified: 17 Nov 2014 04:21
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12446

      Actions (login required)

      View Item