MAIDA, TRILIANA (2013) PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL `WINGKO BABAD CAP KERETA API`. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Wingko babad merupakan penganan tradisional Indonesia yang terbuat dari parutan kelapa, tepung ketan dan gula. Penganan tradisional yang berasal dari Babad ini, pertama kali dikenalkan di kota Semarang oleh Loe Lan Hwa dengan merek Wingko Babad Cap Kereta Api pada tahun 1946. Dengan adanya modernisasi di hampir seluruh bidang kehidupan maka terjadilah pergeseran gaya hidup pada masyarakat Semarang. Penganan tradisional mulai tersisih oleh penganan moderen dari luar negeri. Hal inilah yang menjadi keprihatinan terhadap kelestarian penganan tradisional Indonesia terutama pada generasi muda. Selain itu, semakin banyaknya produsen wingko yang membuat wingko dengan kemasan identitas yang hampir sama dengan kemasan Wingko Babad Cap Kereta Api membuat kebingungan pada konsumen. Tujuan perancangan ini untuk mengajak anak muda usia 15-25 tahun di kota Semarang agar lebih menyukai penganan tradisional Indonesia dengan membangun kesadaran terhadap merek Wingko Babad Cap Kereta Api. Segmentasi pasar dan sudut pandang melihat masalah menjadi komponen penting dalam menyampaikan pesan kecintaan terhadap budaya tradisional Indonesia. Media jejaring sosial yang biasa digunakan oleh target audiensi dipilih sebagai media utama yang efektif untuk menyampaikan pesan iklan. Perancangan komunikasi visual ini dianggap berhasil jika mampu meningkatkan kesadaran anak muda terhadap pentingnya melestarikan penganan tradisional Indonesia, khususnya Wingko Babad Cap Kereta Api.
Actions (login required)