UDiNus Repository

PENGENALAN BUDAYA WAYANG MELALUI "YANGPIK (WAYANG APIK)" BERBASIS MOBILE

JAUHAR, FAHDIDA (2013) PENGENALAN BUDAYA WAYANG MELALUI "YANGPIK (WAYANG APIK)" BERBASIS MOBILE. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (270Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3888b) | Preview

      Abstract

      Di era globalisasi ini banyak Informasi dan teknologi menjelajah masuk ke tanah air yang sarat akan budaya. Diantaranya memberikan kita dampak yang positif yakni dengan kemajuan dan modernisasi, namun banyak diantaranya juga memberikan dampak yang negatif bagi kita. Salah satunya banyak masyarakat khususnya para remaja yang saat ini dengan mudahnya melupakan kebudayaan contohnya pewayangan, dan lebih merasa bangga dengan meniru budaya asing.Tujuan penelitian adalah untuk merancang aplikasi pewayangan agar banyak masyarakat Indonesia khususnya para remaja mencintai budaya sendiri melalui pewayangan berbasis mobile.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan. Metode Penelitian Pengembangan memuat tiga komponen utama yaitu: (1) model pengembangan, (2) prosedur pengembangan, dan (3) uji coba produk.Perlunya pengenalan budaya wayang untuk melestarikan budaya supaya tidak punah termakan oleh jaman. Karena wayang salah satu warisan budaya dari nenek moyang yang mengandung nilai-nilai kehidupan. Seiring berperkembangan jaman, maka perlu melakukan pendekatan untuk mengenalkan budaya wayang, salah satunya dengan cara mengenalkan wayang berbasis mobile.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:34
      Last Modified: 17 Nov 2014 02:02
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12525

      Actions (login required)

      View Item