UDiNus Repository

Perancangan Iklan Layanan Masyarakat tentang Pentingnya Peran Orang Tua dalam Penanganan Anak Autis Sejak Dini di Sekolah SLB Bina Putera Ambarawa Kabupaten Semarang

SONYA, DEWINTASARI (2013) Perancangan Iklan Layanan Masyarakat tentang Pentingnya Peran Orang Tua dalam Penanganan Anak Autis Sejak Dini di Sekolah SLB Bina Putera Ambarawa Kabupaten Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    SLB Bina Putera di Ambarawa adalah salah satu sekolah yang sebagian besar muridnya adalah anak berkebutuhan khusus, salah satunya adalah penyandang autisme. Autisme didefinisikan sebagai suatu gangguan perkembangan yang kompleks menyangkut komunikasi, interaksi sosial dan aktivitas imajinasi gejalanya mulai tampak sebelum anak berusia 3 tahun. Masalah yang perlu dipahami bahwa anak autis dapat mencapai pertumbuhan dengan optimal jika didukung peran orang tua dalam penanganan secara baik, sehingga membutuhkan keterbukaan orang tua dalam mengkomunikasikan kondisi anak dan penerimaan orang tua seutuhnya terhadap anak penyandang autisme. Rasa malu dan kurangnya informasi tentang penanganan anak autis sejak dini menjadi dasar terhambatnya penanganan secara optimal. SLB Bina Putera memberikan sosialisasi melalui Iklan Layanan Masyarakat melalui media visual untuk memberikan informasi dan kesadaran kepada masyarakat yang berada di kabupaten Semarang akan pentingnya penanganan anak autisme karena kurangnya kesadaran untuk penanganan anak autis sejak dini. Tehnik pengumpulan data dengan wawancara sebagai metode utamanya dan observasi sebagai media pendukung. Analisis data yang digunakan adalah analisis framing untuk mendapatkan realita dan ideal yang jelas, sehingga Iklan layanan masyarakat ini nantinya memberikan pemahaman, perubahan sikap dan pencerahan bagi orang tua penyandang autisme dan semua masyarakat peduli autisme untuk ikut berperan serta dalam penanganan anak autisme sehingga anak autis dapat tumbuh secara optimal.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:34
    Last Modified: 17 Nov 2014 01:19
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12550

    Actions (login required)

    View Item