MOCHAMAD, LUPIANTO DANANG (2013) MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK USIA 6 SAMPAI 7 TAHUN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Pengenalan dan penguasaan huruf hijaiyah yang merupakan dasar untuk membaca dan mempelajari kitab Al-Qur’an sejak dini sangat penting, karena jika pada saat membaca huruf hijaiyah sudah terbiasa dengan kata-kata yang salah maka akan dapat menimbulkan arti yang berbeda sehingga kita dituntut untuk membaca secara baik dan benar. Metode dalam belajar huruf hijaiyah biasanya diberikan oleh guru mengaji secara tradisional (konvensional) atau orang sering menyebutnya dengan metode turutan. Dengan pengajaran seperti ini anak cenderung pasif dalam menerima pelajaran mengajinya, karena guru mengaji menerangkan anak dalam belajar membaca huruf hijaiyah secar lisan, tulisan dan bahasa tubuh. Melalui Media Pembelajaran Interaktif Penganalan Huruf Hijaiyah untuk Anak Usia 6 sampai 7 tahun, di harapkan menimbulkan minat bagi anak usia 6 sampai 7 tahun yang ingin mempelajari huruf hijaiyah secara baik dan benar. Pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagianak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal. Pendidikan anak usia dini akan memberikan persiapan anak menghadapi masa-masa ke depannya, yang paling dekat adalah menghadapi masa sekolah. Saat ini, beberapa taman kanak-kanak sudah meminta anak murid yang mau mendaftar di sana sudah bisa membaca dan berhitung.
Actions (login required)