UDiNus Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA DALAM MENGIKUTI LOMBA LKS DI SMK NEGERI 3 SEMARANG DENGAN METODE ANALITHICAL HIERARCHI PROCESS (AHP)

NOVA, WIDYANTORO (2013) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA DALAM MENGIKUTI LOMBA LKS DI SMK NEGERI 3 SEMARANG DENGAN METODE ANALITHICAL HIERARCHI PROCESS (AHP). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (281Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3999b) | Preview

      Abstract

      Untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia, melalui direktorat pembinaan SMK, pemerintah mengadakan Lomba Kompetensi Siswa (LKS). Lomba Kompetensi Siswa merupakan kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta. SMK N 3 Semarang merupakan sekolah menengah kejuruan di semarang yang selalu mengirimkan siswa setiap tahunnya untuk mengikuti lomba kompetensi siswa (LKS) pada tingkat kabubaten/kota, tetapi siswa yang dipilih di sekolah ini hanya berdasarkan nilai akademik saja dan cenderung bersifat subyektif, sehingga hasilnya kurang berkualitas dan kurang memenuhi standar. Karena permasalahan diatas, maka perlu dirancang suatu sistem pendukung keputusan dengan metode AHP (Analytical Hierarkhi Process), karena metode ini dapat merubah nilai-nilai kualitatif menjadi nilai kuantitatif, sehingga keputusan-keputusan yang diambil bisa lebih obyektif. Dengan dilakukannya penelitian bertujuan untuk membangun sistem pendukung keputusan pemilihan siswa dalam mengikuti lomba LKS di SMK N 3 Semarang dengan menggunakan metode AHP yang diharapan akan menghasilkan sebuah keputusan yang terbaik. Sehingga sistem ini dapat digunakan untuk membantu kepala sekolah atau guru untuk melakukan pemilihan siswa yang benar-benar tepat dalam mengikuti lomba kompetensi siswa tingkat kabupaten.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:35
      Last Modified: 17 Nov 2014 00:29
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12578

      Actions (login required)

      View Item