TRI, HERMAWAN (2013) Penerapan Fuzzy Analytic Hierarchy Process Untuk Menentukan Siswa Teladan Tingkat Sekolah Menengah Atas. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (581Kb) | Preview | |
| PDF Download (4068b) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem pendukung keputusan menentukan siswa teladan. Sistem pendukung keputusan memilih siswa teladan berdasar kriteria akademik dan non akademik. Dari metode Analytic Hierarchy Process (AHP) didapatkan ketidakpastian penilaian yang terlalu subjektif untuk data kualitatif. Permasalahan di atas dapat diselesaikan dengan metode Fuzzy Analytic Hierarchy Process (FAHP) yang menggunakan pendekatan triangular fuzzy number terhadap skala AHP sehingga data yang kualitatif dapat memberikan penilaian yang lebih objektif. Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini adalah kriteria akademik, kepribadian, ketrampilan dan prestasi. Dari penghitungan konsistensi rasio (CR). Jika CR<0.10 artinya matrik perbandingan berpasangan untuk tiap kriteria konsisten, dan dapat digunakan untuk perhitungan Fuzzy AHP untuk mencari nilai prioritas. Terdapat 12 variabel yang di gunakan untuk melakukan perhitungan, nilai rata-rata (K1), nilai minimum (K2), nilai maksimum (K3), kedisiplinan (H1), motivasi (H2), tanggung jawab (H3), kesenian daerah (D1), pidato (D2), debat(D3), ekstrakurikuler (P1), karya ilmiah (P2), dan lomba (P3). Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan, hasil dari sistem berupa ranking kandidat siswa teladan yang di peroleh dari perhitungan nilai prioritas dan nilai siswa berprestasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 10 Oct 2014 17:37 |
Last Modified: | 16 Nov 2014 22:45 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12643 |
Actions (login required)
View Item |