UDiNus Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGGANTIAN TRAFO PADA PT. PLN (Persero) AREA SEMARANG DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

REZA, PRAKOSO CHRISNANTO (2013) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGGANTIAN TRAFO PADA PT. PLN (Persero) AREA SEMARANG DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (510Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Perusahaan Listrik Negara (PLN) memiliki peran penting sebagai pusat pengelolaan, energi listrik. Untuk memenuhi kebutuhan pasokan listrik setiap hari, dibutuhkan suatu jaringan distribusi yang handal, salah satu alat yang digunakan adalah transformator / trafo. Transformator atau trafo adalah komponen elektromagnet yang dapat merubah tegangan tinggi ke rendah atau sebaliknya dalam frekuensi sama. Karena trafo bekerja terus menerus tanpa henti, maka kerusakan pada trafo tidak bisa dihindari, yang menyebabkan trafo tersebut harus diganti atau hanya diperbaiki. Karena terdapat dua faktor kemungkinan dan di dalamnya terdapat kriteria yang berbeda-beda maka dalam menentukan keputusan apakah trafo hanya diperbaiki atau harus diganti perlu adanya sistem pendukung keputusan dengan metode Analytical Hierarchy Process dengan adanya sistem ini maka keputusan ini proses pengambilan keputusan menjadi lebih cermat, cepat, tepat dan membantu petugas dalam melakukan proses penanganan gangguan. Tujuan Laporan Tugas Akhir ini adalah untuk rancang bangun sistem pendukung keputusan penggantian trafo pada PT. PLN (Persero) AREA Semarang dengan menganalisis sistem informasi yang berjalan pada PT. PLN (Persero) AREA Semarang yang berpaku pada hasil kerusakan / kendala pada trafo dan membuat pendukung keputusan. Metode yang sedang digunakan dalam menjalankan sistem adalah Metode Anlytical Hierarchy Process, karena metode ini mudah dalam pengaplikasikannya.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:39
      Last Modified: 16 Nov 2014 21:10
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12695

      Actions (login required)

      View Item