UDiNus Repository

Sistem Pakar Untuk Menentukan Tipe Autisme Pada Anak Usia 7 - 10 Tahun Menggunakan Metode Forward Chaining

AGAM, SETIAJI KRISNA (2013) Sistem Pakar Untuk Menentukan Tipe Autisme Pada Anak Usia 7 - 10 Tahun Menggunakan Metode Forward Chaining. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (508Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3897b) | Preview

      Abstract

      Perkembangan komputer mengalami banyak perubahan yang sangat pesat, seiring dengan kebutuhan manusia yang semakin banyak. Komputer yang pada awalnya hanya digunakan oleh para akademisi dan militer, tetapi kini telah digunakan secara luas di berbagai bidang, misalnya : bisnis, kesehatan, permainan, psikologi, dan sebagainya. Salah satu penerapan dalam bidang psikologi khususnya psikologi gangguan perkembangan anak adalah kasus autisme. Autisme merupakan keadaan yang menggangu perkembangan anak. Penyandang autisme memiliki gangguan kemampuan berinteraksi dengan orang lain dan teman sebayanya, gangguan komunikasi dan berbahasa,serta berbagai perilaku yang tidak sesuai dengan umur perkembangan anak tentunya akan menghambat proses tumbuh kembang anak. Sistem pakar dirancang untuk mendiagnosis tipe autisme yang bertujuan untuk memberi informasi dan solusi kepada orang tua yang memiliki anak penyandang autisme. Sistem Pakar menggunakan metode forward chaining sebagai aturan untuk menarik kesimpulan yang dimulai dari mengelompokan gejala, membandingkan gejala dan menarik kesimpulan berupa tipe autisme yang didapat dari gejala. Hasil outputan sistem pakar berupa tipe autisme hasil diagnosa, presentase diagnosa dan solusi dari diagnosa,

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:39
      Last Modified: 16 Nov 2014 20:42
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12709

      Actions (login required)

      View Item