UDiNus Repository

Sistem Pengelolaan Dana Keuangan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Sampangan di Kelurahan Sampangan Kecamatan Gajahmungkur Semarang

AYU, PUSPITASARI KARIN (2014) Sistem Pengelolaan Dana Keuangan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Sampangan di Kelurahan Sampangan Kecamatan Gajahmungkur Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    BKM ini dikelola sendiri oleh warga masyarakat setempat, maka pertanggungjawaban keuangannya masih dilakukan secara manual dan sederhana sesuai dengan kemampuan anggota BKM. BKM memiliki suatu harapan mewujudkan masyarakat yang berbudaya maju, mandiri dan sejahtera dalam lingkungan permukiman sehat produktif dan lestari. Dan hal yang dilakukan salah satunya yaitu “mendampingi masyarakat perkotaan, khususnya masyarakat miskin untuk bekerja dengan pemerintah daerah cara membangun kapasitas dan menyediakan sumber daya serta melembagakan budaya kemitraan antar pelaku pembangunan”Sumber daya manusia yang tersedia di BKM sendiri tidak memiliki latar belakang pendidikan akuntansi dan waktu kerja part-time, sehingga mengalami kesulitan dalam pembuatan laporan yang benar Juga sistem manual yang mengakibatkan kesulitan dalam proses perhitungan denda dan penagihan modal tidak terkoordinir dengan baik. Permasalahan diatas menyebabkan laporan yang dihasilkan tidak tepat dan berakibat pada kesalahan dalam pengelolaan dalam pinjaman dana bergulir. Proses pencarian dokumen juga mengalami kesulitan karena semua dokumen disimpan dalam bentuk kertas, buku jurnal sehingga memakan banyak tempat atau sumber daya yang lain, sehingga penyimpanan data tersebut tidak efektif dan efisien. BKM ingin membuat suatu sistem informasi yang dapat mengelola dana yang terkomputerisasi agar mempermudahkan pemrosesan data yang digunakan untuk mendukung kinerja pengelohan dana BKM dan kebijakan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:45
    Last Modified: 16 Nov 2014 14:36
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12888

    Actions (login required)

    View Item