UDiNus Repository

Penerapan Metode Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Mengidentifikasi Pola Penyakit Radang Sendi (Studi Kasus di UPT Puskesmas Margorejo Kabupaten Pati )

BUDIONO, (2014) Penerapan Metode Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Mengidentifikasi Pola Penyakit Radang Sendi (Studi Kasus di UPT Puskesmas Margorejo Kabupaten Pati ). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (1870Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3997b) | Preview

      Abstract

      Analisa Asosiasi (Association Rule) Adalah teknik data mining untuk menemukan aturan asosiatif antara suatu kombinasi item, analisa pola frequens tinggi (Frequent pattern mining) digunakan untuk menemukan pola penyebaran penyakit dari data rekam medis yang terdapat di UPT Puskemas Margorejo dengan kapasitas databases yang besar. Ada 5 besar peringkat penyakit yang terdiagnosa oleh UPT Puskesmas Margorejo, yaitu radang sendi, influenza, ispa, darah tinggi dan radang lapisan perut (gastritis). Penulis ingin meneliti pola penyebaran penyakit radang sendi dengan menggunakan data mining Association Rule. Dengan observasi dan wawancara kepada pihak UPT Puskemas Margorejo untuk memperoleh data dan penjelasan mengenai penyakit-penyakit tersebut. Dalam pembuatan aplikasi data mining Association Rule dengan Algoritma Apriori berbasis web PHP diharapakan mampu untuk mengetahui tentang pola penyebaran penyakit terutama pada penyakit Radang Sendi. Dengan menggunakan aplikasi data mining akan diketahui seberapa kuat hubungan antara usia pasien, alamat pasien, pekerjaan dan gejala yang mempunyai penyakit radang sendi, oleh karena itu informasi tersebut dapat digunakan UPT Puskemas Margorejo melakukan penyuluhan kepada masyarakat luas untuk mencegah penyakit radang sendi

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:46
      Last Modified: 16 Nov 2014 13:58
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12908

      Actions (login required)

      View Item