UDiNus Repository

Perbandingan Kinerja Metode Klasifikasi Data Mining Menggunakan Naive Bayes dan Algoritma C4.5 untuk Prediksi Ketepatan Waktu Kelulusan Mahasiswa

GIAN, FIASTANTYO (2014) Perbandingan Kinerja Metode Klasifikasi Data Mining Menggunakan Naive Bayes dan Algoritma C4.5 untuk Prediksi Ketepatan Waktu Kelulusan Mahasiswa. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (396Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4023b) | Preview

      Abstract

      Perguruan tinggi adalah jenjang pendidikan yang dianggap sebagai gerbang terakhir bagi pelajar untuk menimba ilmu sebelum akhirnya melibatkan diri dalam persaingan kerja. Jumlah mahasiswa yang lulus tepat waktu menjadi indikator efektifitas dari sebuah perguruan tinggi baik negeri dan swasta. Penelitian dalam hal memprediksi tingkat kelulusan mahasiswa telah banyak dilakukan. Dalam penelitian ini dilakukan perbandingan metode data mining yaitu algoritma naive bayes dan C4.5, yang diterapkan pada data mahasiswa strata 1 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro. Naive bayes adalah metode yang menghitung probabilitas dari tingkat kemunculan data yang satu terhadap data yang lainnya. Algoritma C4.5 adalah satu dari sebagian algoritma dalam metode decision tree yang mengubah data menjadi pohon keputusan, untuk kemudian dapat disimpulkan menjadi rule-rule. Berdasarkan hasil pengujian dengan mengukur kinerja kedua metode tersebut menggunakan metode pengujian confusion matrix, kemudian diketahui bahwa C4.5 memiliki nilai akurasi yang lebih baik yakni sebesar 77,354% , sedangkan naive bayes memiliki nilai akurasi mencapai 74,094%. Kemudian berdasarkan perbandingan kinerja kedua metode tersebut, metode dengan pencapaian nilai akurasi terbaik akan diimplementasikan dalam bentuk sebuah Decision Support System.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:46
      Last Modified: 16 Nov 2014 13:20
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12926

      Actions (login required)

      View Item