UDiNus Repository

Analisa IT Governance Berbasis Deliver And Support Domain (DS11) Tentang Pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap PILGUB JATENG 2013Dengan Menggunakan Framework COBIT 4.1 Pada Kantor Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kota Semarang

BAGUS, SURYO DWI (2014) Analisa IT Governance Berbasis Deliver And Support Domain (DS11) Tentang Pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap PILGUB JATENG 2013Dengan Menggunakan Framework COBIT 4.1 Pada Kantor Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kota Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (452Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4043b) | Preview

      Abstract

      Tata kelola IT merupakan aspek fundamental dalam penyajian informasi yang berkelanjutan. Suatu informasi akan mempunyai value added dikarenakan pengaruh tersebut. Informasi muncul berasal dari data yang terhimpun menjadi sebuah kesatuan. Efektif dan efisiensi sebuah informasi akan mempengaruhi suatu keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat keefektifan dan keefisienan yang dihadapi oleh KPU kota Semarang dalam menjalankan proses pemutakhiran daftar pemilih tetap (DPT) warga kota Semarang. Hal ini berguna untuk menyalurkan aspirasi masyarakat melalui pemilihan umum secara langsung. Implementasi pengelolaan data untuk meminimalisir masalah tersebut yaitu dengan menggunakan COBIT. Sebuah Framework bertujuan untuk memetakan permasalahan yang ada. Pengelolaan data yang selama ini kurang maksimal akan terdeteksi dengan baik, Di dalam COBIT terdapat DS 11, sebuah domain yang berfungsi sebagai pengelolaan data. Sehingga data yang terhimpun bisa terkelola dengan baik. Hasil dari pengelolaan data dengan menggunakan COBIT dan DS 11 menjadikan permasalahan yang ada pada database PEMILU dapat terkelola dengan baik dalam memberikan pengukuran kinerja sistem dan rekomendasi untuk menentukan kebijakan manajemen ke depannya.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:47
      Last Modified: 16 Nov 2014 12:08
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12963

      Actions (login required)

      View Item