UDiNus Repository

Komparasi Marker Based Augmented Reality Dan Markerless Augmented Reality Sebagai Media Periklanan Berbasis Website Dengan Menggunakan FLARToolkit

BONDAN, NUGRAHA CHAHYA (2014) Komparasi Marker Based Augmented Reality Dan Markerless Augmented Reality Sebagai Media Periklanan Berbasis Website Dengan Menggunakan FLARToolkit. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (739Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3641b) | Preview

      Abstract

      Dalam dunia bisnis metode periklanan yang baik dapat meningkatkan minat dan ketertarikan konsumen terhadap produk yang ditawarkan, Augmented Reality adalah salah satunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah dari metode Marker Based Augmented Reality dan Markerless Augmented Reality yang memiliki tingkat efektifitas yang lebih tinggi sebagai media periklanan berbasis website. Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Sebagai media periklanan Marker Based Augmented Reality memiliki kelemahan karena perlu menyisipkan marker pada brosur. Berbeda dengan Markerless Augmented Reality yang tanpa harus menyisipkan marker di brosur. Dengan menggunakan FLARToolkit pengujian untuk mengomparasi kedua metode didasarkan pada tiga aspek yaitu sudut, jarak dan intensitas cahaya. Hasil komparasi menunjukkan bahwa metode Marker Based Augmented Reality memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi yaitu sebesar 76.66% sedangkan Markerless Augmented Reality hanya sebesar 47.91%.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:48
      Last Modified: 16 Nov 2014 11:19
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12986

      Actions (login required)

      View Item