UDiNus Repository

Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Siswa Kurang Mampu dan Berprestasi dengan Metode AHP pada SD Negeri 02 Patalan Blora

BANU, SEPTIAWAN (2014) Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Siswa Kurang Mampu dan Berprestasi dengan Metode AHP pada SD Negeri 02 Patalan Blora. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3921b) | Preview

    Abstract

    SD Negeri 02 Patalan Blora memiliki banyak prestasi di tingkat kabupaten. Sekolah ini ingin memberikan predikat kepada siswa berprestasi yang memenuhi kriteria yang ada, tetapi seleksi siswa berprestasi disini masih cenderung bersifat subyektif dan hanya dilihat berdasarkan aspek akademik saja, sehingga hasil keputusan kurang berkualitas dan kurang adil bagi siswa lain yang memenuhi standar kriteria. Penelitian yang dilakukan dimaksudkan untuk menghasilkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dapat membantu dalam seleksi siswa berprestasi di SD Negeri 02 Patalan Blora. Pembuatan aplikasi ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process ( AHP ), dengan metode ini dapat menyelesaikan masalah dengan beragam kriteria dan dapat memecahkan masalah yang kompleks melalui pendekatan sistem dan pengintegrasian secara deduktif. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk membangun sebuah perangkat lunak tentang “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Siswa Kurang Mampu dan Berprestasi dengan Metode AHP pada SD Negeri 02 Patalan Blora” yang diharapkan dapat membantu dalam penentuan siswa berprestasi dengan mudah. Informasi yang dihasilkan dari sistem ini adalah perangkingan siswa berprestasi berdasarkan data kriteria dan data bobot. Perangkingan yang dihasilkan dapat digunakan untuk membantu guru dalam mengambil keputusan penentuan siswa berprestasi.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:49
    Last Modified: 16 Nov 2014 10:33
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13006

    Actions (login required)

    View Item