UDiNus Repository

APLIKASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA A-PRIORI UNTUK MENENTUKAN ATURAN ASOSIASI PADA TRANSAKSI PEMINJAMAN BUKU PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG

THOMAS, STIF RICHARD (2014) APLIKASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA A-PRIORI UNTUK MENENTUKAN ATURAN ASOSIASI PADA TRANSAKSI PEMINJAMAN BUKU PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3676b) | Preview

    Abstract

    Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) sebagai lembaga akademik memiliki sistem informasi perpustakaan yang dapat memudahkan pengguna fasilitas untuk meminjam buku. Namun data transaksi peminjaman buku yang tercatat pada database sistem masih belum mampu diolah kembali secara maksimal. hal ini dikarenakan ketiadaan modul pengolahan kembali data transaksi peminjaman sehingga hanya akan terakumulasi dan tertimbun didalam database sistem dan tidak menghasilkan kembali informasi dan pengetahuan yang bermanfaat untuk mendukung kemajuan manajemen perpustakaan. Teknik Data Mining telah banyak digunakan untuk mengatasi permasalahan yang ada salah satunya dengan penerapan algoritma A-Priori untuk menemukan aturan asosiasi yang terbentuk dari dataset transaksi peminjaman buku. Sehingga diketahui kaitan asosiasi antar judul buku yang dipinjam.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:49
    Last Modified: 16 Nov 2014 10:04
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13023

    Actions (login required)

    View Item