UDiNus Repository

Aplikasi Travelling Salesman Problem Menggunakan Algoritma Christofides Berbasis Android, Studi Kasus: Divisi Marketing Support PT Yamaha Mataram Sakti

NORBERTUS, WIJANANTO ADI (2014) Aplikasi Travelling Salesman Problem Menggunakan Algoritma Christofides Berbasis Android, Studi Kasus: Divisi Marketing Support PT Yamaha Mataram Sakti. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (375Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3707b) | Preview

      Abstract

      Travelling salesman problem adalah sebuah perhitungan untuk mencari rute terdekat dalam mengunjungi semua simpul tepat satu kali lalu kembali ke simpul awal. Penelitian ini membahas penyelesaian masalah travelling salesman problem dengan menggunakan algoritma Chritofides. Objek penelitian adalah divisi marketing support pada PT Yamaha Mataram Sakti dengan implementasi penelitian adalah untuk mencari rute urutan konsumen yang harus dikunjungi dengan jarak tempuh seminimal mungkin. Penentuan jarak antar lokasi menggunakan layanan Google Distance Matrix API. Algoritma Chistofides mampu memberikan solusi dari permasalahan travelling salesman problem. Akan tetapi dari hasil pengujian, aplikasi memiliki batasan pencarian rute makasimal 9 orang konsumen. Hal ini dikarenakan ada batasan maksimum elemen yang diijinkan dalam pencarian jarak menggunakan Google Distance Matrix API. Agar dapat menambah jumlah maksimal lokasi konsumen yang dapat diproses hingga 24 konsumen, maka diperlukan registrasi layanan Google Maps for Business.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:50
      Last Modified: 16 Nov 2014 09:37
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13036

      Actions (login required)

      View Item