KOKO, ANDIKA (2014) PERANCANGAN IKLAN KOMERSIAL KORAN PAGI WAWASAN UNTUK MENINGKATKAN OPLAH PENJUALAN DI KOTA SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Koran Pagi Wawasan adalah salah satu surat kabar atau media cetak yang ada di Semarang. Koran Pagi Wawasan memiliki keistimewaan diantaranya dapat menjadi sumber informasi berita yang komunikatif dan juga memiliki hasil cetakan yang baik. Namun, dari tahun 2011 sampai tahun 2014 oplah penjualan Koran Pagi Wawasan mengalami penurunan. Maka diperlukan sebuah strategi kreatif untuk meningkatkan kembali oplah penjualan Koran Pagi Wawasan. Melalui metode kualitatif dengan melakukan wawancara secara langsung kepada pemimpin redaksi dan manager pemasaran, juga melakukan observasi terhadap konsumen Koran Pagi Wawasan didapatkan data seputar masalah penurunan oplah penjualan. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan analisis SWOT untuk mendapatkan strategi perancangan sebagai dasar strategi dan konsep kreatif perancangan. Media promosi yang dilakukan adalah media yang menarik, unik dan pesan yang kuat dengan menampilkan konten-konten yang dapat diterima oleh semua kalangan sehingga dapat dengan mudah diterima oleh semua orang. Perancangan harus disesuaikan dengan segmentasinya yaitu mulai dari anak-anak, dewasa dan juga orang tua. Media promosi yang dipilih ada beberapa, yaitu : baliho, x- banner, poster, kaos, leaflet, kantong kertas, spanduk, stiker, buku note, gelas mug, kop surat, kartu nama, amplop. Perancangan media promo ini bertujuan untuk meningkatkan oplah penjualan koran pagi wawasan agar nantinya perusahaan dapat berkembang lebih baik menghadapai persaingan industri surat kabar di Jawa Tengah.
Actions (login required)