UDiNus Repository

ANALISIS PERBANDINGAN QoS VoIP PADA PROTOKOL IPv4 DAN IPv6 ( STUDI KASUS : LABORATORIUM KOMPUTER UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG )

FERRY, SUGIARTO WAHYU (2014) ANALISIS PERBANDINGAN QoS VoIP PADA PROTOKOL IPv4 DAN IPv6 ( STUDI KASUS : LABORATORIUM KOMPUTER UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG ). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (323Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      VoIP adalah teknologi yang menawarkan telepon yang melewatkan trafik suara melalui jaringan IP (Internet Protocol), saat ini teknologi pada jaringan IP (internet protokol) pada versi 4 yang biasa di kenal dengan IPv4. Panjang pada Header packet IPv4 sebesar 20 byte, berbeda jauh dengan panjang pada Header packet IPv6 sebesar 40 byte. Dengan membandingkan kinerja layanan VoIP yang menggunakan IPv4 dan IPv6 pada jaringan WAN. Softphone digunakan sebagai kontrol untuk menentukan dampak sistem overhead. Ukuran kinerja adalah rata-rata delay (waktu antara kedatangan paket suara), jitter, packet loss, MOS (Mean Opinion Score), dan R-factor. dimana data dikirim dan diterima secara real-time, sehingga apabila terdapat kegagalan pengiriman packet, maka akan mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan pada protokol IPv4 dan IPv6. Pada penelitian ini dilakukan simulasi menggunakan router mikrotik untuk membuktikan kualitas suara yang dihasilkan pada protokol IPv4 dan IPv6. Jenis pengujian yang dilakukan adalah pengujian saat telepon pada aplikasi shoftphone, dengan menggunakan aplikasi Shoftphone dan variasi bandwith (128 kbps, 256 kbps, 512 kbps). Sedangkan parameter QoS yang dibandingkan adalah parameter delay, jitter, packet loss, mos dan r-factor. Dari hasil analisa data, dapat disimpulkan bahwa protokol yang menggunakan IPv6 memiliki kualitas QoS yang sedikit lebih baik dibandingkan dengan protokol IPv4 pada bandwidth 128 kbps.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:52
      Last Modified: 16 Nov 2014 08:06
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13103

      Actions (login required)

      View Item