UDiNus Repository

Sistem Identifikasi Biometrik Finger Knuckle Print Menggunakan Histogram Equalization dan Principal Component Analysis (PCA)

FIDA, HANA MAISA (2014) Sistem Identifikasi Biometrik Finger Knuckle Print Menggunakan Histogram Equalization dan Principal Component Analysis (PCA). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (890Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4011b) | Preview

      Abstract

      Biometrik berbasis otentikasi pribadi adalah sebuah metode yang efektif untuk secara otomatis mengenali identitas seseorang. Biometrik adalah ilmu mengidentifikasi seseorang menggunakan fisiologis atau karakteristik. Sebuah sifat biometrik seperti Finger Knuckle Print (FKP) yang dimiliki seseorang adalah unik dan aman. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa algoritma PCA memiliki tingkat akurasi rendah. Principal Component Anaysis (PCA) adalah suatu teknik reduksi dinamis dan ekstraksi fitur yang optimal jika dipandang dari sudut pandang teori informasi. Apakah penggunan teknik peningkatan citra bisa memaksimalkan tingkat akurasi pengolah citra menggunakan PCA. Salah satu teknik peningkatan citra adalah Histogram Equalization. Histogram Equalization adalah teknik peningkatan kontras dalam pengolahan gambar yang menggunakan histogram gambar. Dari hasil penelitian ini, sistem identifikasi biometrik finger knuckle print menggunakan algoritma principal component analysis dengan peningkatan citra histogram equalization menghasilkan tingkat akurasi lebih besar yaitu 94 % dibandingkan dengan tanpa peningkatan citra histogram equalization yang hanya memiliki tingkat akurasi 81,3 %. Masing-masing di teliti dengan jumlah citra uji 150 (masing-masing orang 3 citra uji) dan citra latih 250 (masing-masing orang 5 citra latih). Ini membuktikan bahwa penggunan teknik peningkatan citra bisa memaksimalkan tingkat akurasi pengolah citra menggunakan algoritma PCA.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:52
      Last Modified: 16 Nov 2014 07:51
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13111

      Actions (login required)

      View Item