UDiNus Repository

Penerapan Algoritma Support Vector Machine Klasifikasi Studi Kasus SMA Negeri 1 Indramayu Untuk Penentuan Jurusan Berdasarkan Prestasi Siswa.

ASEP, SETIAWAN (2014) Penerapan Algoritma Support Vector Machine Klasifikasi Studi Kasus SMA Negeri 1 Indramayu Untuk Penentuan Jurusan Berdasarkan Prestasi Siswa. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3992b) | Preview

    Abstract

    Sesuai kurikulum yang berlaku di seluruh Indonesia, siswa kelas X SMA Negeri 1 Indramayu yang naik ke kelas XI akan mengalami pemilihan jurusan. Penjurusan yang tersedia di SMA Negeri 1 Indramayu meliputi bidang minat Ilmu Alam, Ilmu Sosial, dan Ilmu Bahasa. Penjurusan akan disesuaikan dengan kemampuan siswa pada bidang minat yang ada.Salah satu pertimbangan untuk menyeleksi siswa dalam menentukan jurusan adalah prestasi siswa pada semester satu dan dua kelas X dalam bentuk skor nilai. Kurang akuratnya proses pemilihan jurusan dengan sistem manual pada Sekolah Menengah Atas menyebabkan perlunya suatu penggunaan metode komputasi untuk mengklasifikasikan siswa dalam proses pemilihan jurusan.Algoritma Support vector machine merupakan salah satu algoritma digunakan di dalam teknik klasifikasi data. Beberapa penelitian telah menghasilkan kesimpulan bahwa algoritma Support vector machine dapat dipergunakan untuk mengklasifikasikan data berdasarkan atribut-atribut tertentu. Pada penelitian ini akan digunakan algoritma Support vector machine untuk mengklasifikasikan data siswa SMA Negeri 1 ndramayu berdasarkan Nilai mata pelajaran inti untuk proses penjurusan. Penerapan algoritma Support Vector Machine dalam penentuan jurusan di SMA Negeri 1 Indramayu pada 317 data siswa yang diuji dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Algoritma Support Vector Machine memiliki tingkat akurasinya 75%.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:52
    Last Modified: 16 Nov 2014 07:47
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13112

    Actions (login required)

    View Item