UDiNus Repository

Penerapan Data Mining Association Rule Untuk Rekomendasi Pemilihan Program Studi dengan Menggunakan Algoritma FP-Growth (Studi Kasus Penerimaan Mahasiswa Baru 2013 Universitas Dian Nuswantoro Semarang)

MOHAMAD, SULTHON BURHANI (2014) Penerapan Data Mining Association Rule Untuk Rekomendasi Pemilihan Program Studi dengan Menggunakan Algoritma FP-Growth (Studi Kasus Penerimaan Mahasiswa Baru 2013 Universitas Dian Nuswantoro Semarang). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4051b) | Preview

    Abstract

    Data mining merupakan proses menganalisa data untuk menemukan pengetahuan dari sekumpulan data yang sebelumnya tidak diketahui polanya. Data transaksi penjualan yang telah tersimpan berbulan-bulan bahkan berpuluh tahun dapat menghasilkan informasi yang lebih bermanfaat untuk masa mendatang melalui pemanfaatan teknologi data mining, serta memudahkan pelaku bisnis dalam menganalisa pola beli konsumen. Data mining juga dapat membantu dalam pengambilan keputusan untuk menentukan tata letak barang sehingga dapat meningkatkan hasil penjualan. Salah satu teknik data mining yang sering digunakan dalam dunia bisnis adalah association rules atau dikenal dengan istilah market basket analysis. Market basket analysis diilustrasikan sebagai suatu itemset yang dibeli oleh konsumen secara bersamaan dalam suatu transaksi. Tahapan metode ini dimulai dengan mencari sejumlah data yang sering muncul (frequent itemsets) kemudian dilanjutkan dengan pembentukan aturan-aturan asosiasi (association rules). Dalam menemukan sejumlah frequent itemset, digunakan algoritma FPGrowth (Frequent Pattern Growth). Dalam penyusunan tugas akhir ini algoritma FP-Growth digunakan untuk membantu menemukan sejumlah aturan asosiasi dari data transaksi pemilihan program studi pada penerimaan mahasiswa baru Universitas DIan Nuswantoro.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:52
    Last Modified: 16 Nov 2014 07:35
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13118

    Actions (login required)

    View Item