UDiNus Repository

Perancangan Jaringan Diskless Menggunakan Program CCBoot (Studi Kasus Pada Game Center PHDNET Semarang)

DITYA, KUSUMA ANGGAR (2014) Perancangan Jaringan Diskless Menggunakan Program CCBoot (Studi Kasus Pada Game Center PHDNET Semarang). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (261Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Seiring dengan perkembangan jaman, maka kebutuhan akan teknologi komputer menjadi semakin tinggi. Hal itu juga diikuti dengan maraknya usaha warnet dan game center, salah satunya Game Center PHDNET. Kebutuhan masyarakat yang tinggi, mengharuskan komputer client di game center tersebut untuk aktif selama 24 jam penuh. Hal itu menyebabkan penurunan daya tahan perangkat komputer tersebut semakin berkurang terutama perangkat harddiskdan gangguan pada kinerja komputer itu sendiri. Ada beberapa solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, namun dengan mempertimbangkan penggunaan komputer di game center tersebut, sistem diskless merupakan solusi yang paling tepat. Untuk mengembangkan sistem diskless tersebut, penulis memulai dengan merancang jaringan diskless, yaitu suatu sistem aplikasi berbasis windows yang digunakan untuk menjalankan, mengkonfigurasi, dan melakukan proses diskless dari sisi server. Setelah tahap perancangan selesai, penulis melakukan analisa dan identifikasi masalah–masalah yang timbul pada sistem lama. Hal ini perlu dilakukan agar dalam penerapan sistem diskless ini, kesalahan–kesalahan dalam sistem lama bisa dihindari. Sehingga pada akhirnya bisa memberikan hasil yang optimal dari segala sisi. Melihat hasil yang diperoleh dari perancangan jaringan diskless dengan menggunakan program CCBoot yang diterapkan di Game Center PHDNET, maka penulis memiliki kesimpulan bahwa sistem diskless dapat mengurangi pengggunaan harddisklokal dan performa komputer pada Game Center PHDNET Semarang menjadi lebih optimal, komputer client dapat dioperasikan sebagaimana terdapat harddisk lokal, dan komputer client tidak perlu melakukan update game secara manual cukup melakukan update game pada server maka semua komputer client otomatis dapat memainkan game online yang telah terupdate .

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:53
      Last Modified: 16 Nov 2014 06:45
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13142

      Actions (login required)

      View Item