UDiNus Repository

PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) UNTUK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA BANTUAN SISWA MISKIN PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SUBAH KABUPATEN BATANG

GALIH, RINALDHI EKA (2014) PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) UNTUK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA BANTUAN SISWA MISKIN PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SUBAH KABUPATEN BATANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (722Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Bantuan bagi siswa kurang mampu yang selanjutnya disebut Bantuan Siswa Miskin (BSM) adalah bantuan dari pemerintah berupa jumlah uang tunai yang diberikan langsung kepada siswa yang berasal dari keluarga miskin. Siswa yang diberikan BSM yaitu peserta didik yang belajar di SD, SMP, SMA dan SMK baik negeri maupun swasta. Penerima BSM adalah siswa yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berdasarkan mekanisme yang telah ditetapkan. Agar proses seleksi beasiswa BSM di tingkat sekolah dapat tepat sasaran maka diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode Simple Additive Weighting (SAW) sering dikenal dengan istilah metode penjumlahan terbobot. Konsep dasar dari metode simple additive weighting (SAW) adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif dari semua atribut. Metode simple additive weighting (SAW) membutuhkan proses normalisasi matriks keputusan (X) ke suatu skala yang dapat diperbandingkan dengan semua rating alternatif yang ada. Sistem pendukung keputusan penerimaan beasiswa BSM ini akan dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Processor File), serta database MySQL sebagai database server.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:55
      Last Modified: 16 Nov 2014 04:50
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13191

      Actions (login required)

      View Item