UDiNus Repository

Aplikasi Data Mining Menggunakan Algoritma ID3 Untuk Mengklasifikasi Kelulusan Mahasiswa Pada Universitas Dian Nuswantoro Semarang

DANNY, HIMAWAN (2014) Aplikasi Data Mining Menggunakan Algoritma ID3 Untuk Mengklasifikasi Kelulusan Mahasiswa Pada Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (811Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3804b) | Preview

      Abstract

      Dewasa ini gelar sarjana merupakan salah satu modal utama untuk memasuki ke dunia pekerjaan. Untuk mendapatkan gelar sarjana, mahasiswa diwajibkan untuk menempuh pendidikan di dalam universitas untuk menyelesaikan skripsi atau tugas akhir. Dalam menempuh tugas akhir diperlukan setidaknya delapan semester untuk menyelesaikannya. Seorang mahasiswa dinyatakan lulus tepat waktu jika dapat menyelesaikan pendidikan selama minimal 8 semester atau 4 tahun. Untuk mewujudkan hal tersebut, perkembangan nilai Indeks Prestasi sangat membantu dalam proses penyelesaian skripsi suatu mahasiswa. Dengan memantau hasil belajar di universitas berupa nilai IP tiap semester, seorang mahasiswa dapat dinyatakan lulus tepat waktu atau tidak.Pada penelitian ini dibuat aplikasi untuk memprediksi kelulusan mahasiswa menggunakan teknik data mining dengan algoritma ID3, hal tersebut bertujuan untuk melihat hasil perkembangan mahasiswa apakah dapat lulus tepat waktu atau tidak. Penelitian ini diterapkan dengan source dalam bahasa pemrograman Java. Hasil yang dihasilkan adalah sebuah system aplikasi data mining untuk memprediksi kelulusan mahasiswa menggunakan algoritma ID3 dan semakin banyak jumlah dataset yang terbentuk maka kemungkinan kecil hasil prediksi akan salah atau menghasilkan null.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:56
      Last Modified: 16 Nov 2014 03:44
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13221

      Actions (login required)

      View Item