UDiNus Repository

IMPLEMENTASI ALGORITMA SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING) UNTUK MENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA PPA PADA UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

DIO, PUJATAMA (2014) IMPLEMENTASI ALGORITMA SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING) UNTUK MENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA PPA PADA UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (301Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4065b) | Preview

      Abstract

      Beasiswa merupakan penghasilan bagi yang menerima dan tujuan beasiswa adalah untuk membantu meringankan beban biaya mahasiswa selama pendidikan atau siswa yang mendapatkan. Universitas Dian Nuswantoro adalah salah satu perguruan tinggi yang memberikan beasiswa untuk setiap tahunnya. Sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh Universitas Dian Nuswantoro Semarang untuk mendapatkan beasiswa, maka diperlukan kriteria-kriteria untuk menentukan siapa yang akan dipilih untuk menerima beasiswa. Berdasarkan tekad untuk membantu dalam menentukan sorang mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa, dibutuhkan sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting). Metode SAW ini dipilih karena merupakan penjumlahan terbobot untuk mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut. Metode ini menggunakan FMADM untuk melakukan perhitungan metode SAW. FMADM (Multiple Attribute Decision Making) adalah metode yang dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap kriteria, dan kemudian membuat proses yang akan menentukan peringkat alternatif yang optimal adalah mahasiswa terbaik akan dipertimbangkan oleh pengambil keputusan untuk mendapatkan beasiswa.Dengan penerapan algoritma SAW pada sistem pendukung keputusan, diharapkan dapat menentukan mahasiswa yang paling berhak untuk mendapatkan beasiswa di Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:56
      Last Modified: 16 Nov 2014 03:04
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13241

      Actions (login required)

      View Item