UDiNus Repository

ANALISIS TINGKAT KEMATANGAN PENGAWASAN DAN EVALUASI KINERJA SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DENGAN COBIT 4.1 (STUDI KASUS : BKD PROVINSI JAWA TENGAH )

RAFELIA, SUSANTI PUTRI (2014) ANALISIS TINGKAT KEMATANGAN PENGAWASAN DAN EVALUASI KINERJA SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DENGAN COBIT 4.1 (STUDI KASUS : BKD PROVINSI JAWA TENGAH ). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (485Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      BKD Provinsi Jawa Tengah sebagai instansi pemerintahan yang khusus menangani masalah kepegawaian Pegawai Negeri Sipil (PNS) se-Jawa Tengah. Dengan jumlah PNS yang diketahui ada sekitar 15866 orang, sehingga dalam pengolahan data menggunakan suatu sistem informasi agar memperlancar tugas pokok dan fungsi pada bidang pengolahan data di BKD. Dalam sistem informasi kepegawaian ini diperlukan suatu pengawasan dan evaluasi untuk mengetahui apakah sistem berjalan sesuai perencanaan. Dalam penelitian ini membahas tentang proses pengawasan dan evaluasi kinerja sistem kepegawaian khususnya di bidang pengolahan data di BKD Provinsi Jawa Tengah dengan menggunakan COBIT 4.1 domain Monitoring and Evaluate Performance (ME1). Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana tingkat kematangan dan harapan yang diinginkan dari proses pengawasan dan evaluasi kinerja sistem informasi kepegawaian pada bidang pengolahan data. Untuk tingkat kematangan saat ini berada di tingkat 2,21 ini berarti proses pengawasan dan evaluasi masih kurang. Untuk tingkat harapan 74,1% menganggap sangat pentingnya dilakukan pengawasan dan evaluasi kinerja sistem. Rekomendasi yang diberikan berupa penetapan Key Performance Indicator (KPI), Key Goal Indicator (KGI) dan upaya yang harus dilakukan untuk mencapai tingkat kematangan pada tingkat 4 untuk proses pengawasan dan evaluasi.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:57
      Last Modified: 16 Nov 2014 02:01
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13269

      Actions (login required)

      View Item