UDiNus Repository

Menganalisa Sistem cerdas untuk Deteksi Dini Penyakit Jantung dengan Menggunakan Algoritma Decision Tree & Fuzzy Clustering

TITI, TATILAH MEI (2014) Menganalisa Sistem cerdas untuk Deteksi Dini Penyakit Jantung dengan Menggunakan Algoritma Decision Tree & Fuzzy Clustering. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (401Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4015b) | Preview

      Abstract

      Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan di Indonesia. Berdasarkan data dari Yayasan Jantung Indonesia, penyakit jantung dan pembuluh darah di Indonesia mencapai 26,8 persen dan semakin mendekati penyebab kematian tertinggi dengan usia penderita yang semakin muda. Deteksi dini pada penyakit jantung sangat diperlukan dalam rangka penurunan angka kematian akibat serangan jantung. Salah satu metode yang dapat membantu dalam ketepatan pengambilan keputusan terkait diagnosa penyakit jantung adalah dengan diimplementasikannya sistem cerdas. Pada tugas akhir ini, sistem cerdas dibangun melalui kombinasi algoritma decision tree & fuzzy clustering. Algoritma tersebut diterapkan pada aplikasi matlab dengan menggunakan data histori penyakit jantung yang didapatkan dari dataset UCI Machine Learning Repository. Hasil akhir yang menjadi keluaran adalah terbentuknya sistem cerdas yang dapat menjadi tools pelengkap bagi dokter dalam melakukan diagnosa penyakit penyakit jantung dengan rendahnya tingkat stadium penyakit ke tinggi. Hasil pengujian dari sistem kinerja menunjukkan bahwa kinerja classifier pohon keputusan memberikan AUC (Area Under ROC) nilai sebesar 0,878. Nilai-nilai ini dikategorikan dalam kategori klasifikasi baik atau dapat didefinisikan bahwa model classifier dapat mengklasifikasikan data tepat.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:57
      Last Modified: 16 Nov 2014 01:56
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13271

      Actions (login required)

      View Item