UDiNus Repository

Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa bagi Guru dan Staf dengan Metode AHP dan TOPSIS di Yayasan Terang Bagi Sejahtera Bangsa

PHILIP, DARMAWAN (2014) Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa bagi Guru dan Staf dengan Metode AHP dan TOPSIS di Yayasan Terang Bagi Sejahtera Bangsa. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (1479Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4094b) | Preview

      Abstract

      Beasiswa dapat dikatakan sebagai pembiayaan yang tidak bersumber dari pendanaan sendiri. Pengolahan data pemberian beasiswa ini masih dilakukan secara manual, yaitu dengan mencatat data berdasarkan rekomendasi dari kepala sekolah, sehingga menimbulkan data tidak valid dan sering tertukar dengan data yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kriteria yang menjadi dasar penentuan beasiswa dan membangun sistem pendukung keputusan pemberian beasiswa. Metode yang menjadi dasar dalam penelitian ini adalah Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique For Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Pada penelitian ini akan diangkat suatu kasus yaitu mencari alternatif terbaik berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan dengan mengggunakan metode AHP kemudian mencari solusi dengan metode TOPSIS. Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksudkan yaitu yang berhak menerima beasiswa berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses pengurutan kandidat yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu guru atau staf terbaik. Hasil dari penelitian ini adalah program yang dapat mengurutkan penerima beasiswa yang bisa menjadi sebuah pertimbangan dalam mengambil keputusan pada saat pemberian beasiswa bagi para guru dan staf.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:58
      Last Modified: 16 Nov 2014 01:41
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13279

      Actions (login required)

      View Item