UDiNus Repository

Perancangan Sistem Electronic Voting (E-Voting) Berbasis Web dengan Menerapkan Quick Response Code (QR Code) Sebagai Sistem Keamanan Untuk Pemilihan Kepala Daerah

MUHAMMAD, FALAH SYAIFUL (2014) Perancangan Sistem Electronic Voting (E-Voting) Berbasis Web dengan Menerapkan Quick Response Code (QR Code) Sebagai Sistem Keamanan Untuk Pemilihan Kepala Daerah. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (1205Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3801b) | Preview

      Abstract

      Pemilihan kepala daerah (pilkada) di Indonesia masih dilakukan secara konvensional. Metode konvensional ini memiliki beberapa kelemahan, antara lain: proses penghitungan surat suara yang lambat, hasil perhitungan suara kurang akurat, tidak ada salinan terhadap kertas suara jika ada kerusakan, sulitnya perhitungan kembali jika terjadi ketidakpercayaan terhadap hasil perhitungan suara, rawan konflik, dan besarnya anggaran yang dikeluarkan, serta efek lingkungan hidup terhadap penggunaan kertas surat suara. Dari permasalahan diatas maka penulis mengembangkan suatu sistem untuk melaksanakan pilkada yang memanfaatkan teknologi informasi yang disebut Elektronic Voting (e-Voting) dengan menerapkan Quick Response Code (CR Code) sebagai sebagai pengganti surat suara yang sah. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem e-Voting berbasis web dengan menerapkan QR Code sebagai sistem keamanan untuk pemilihan kepala daerah. Tujuannya untuk mengurangi kelemahan pada pilkada yang selama ini digunakan di Indonesia. Serta mengurangi penggunaan kertas selama pilkada berlangsung.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:58
      Last Modified: 16 Nov 2014 01:37
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13281

      Actions (login required)

      View Item