UDiNus Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN BANTUAN SISWA MISKIN (BSM) PADA SD DRINGO KABUPATEN BATANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

DIAN, RATRI CAHYANING (2014) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN BANTUAN SISWA MISKIN (BSM) PADA SD DRINGO KABUPATEN BATANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (267Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3996b) | Preview

      Abstract

      Sesuai dengan peraturan yang sudah ditentukan oleh pihak UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Batang untuk memperoleh dana Bantuan Siswa Miskin (Beasiswa), maka diperlukan kriteria-kriteria untuk menentukan siapa yang akan terpilih untuk menerima beasiswa. Pembagian beasiswa dilakukan oleh pihak sekolah untuk membantu seseorang yang kurang mampu ataupun berprestasi selama menempuh studinya. Untuk membantu penentuan dalam menetapkan seseorang yang layak menerima beasiswa maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan.Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Simple Additive Weighting. Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksud yaitu siswa yang berhak menerima beasiswa berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut yang kemudiandilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang optimal. Dari hasil uji coba yang telah dilakukan, tingkat kecocokan hasil perangkingan metode SAW yaitu 95,6%. Sehingga sisten ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam penerimaan dana bantuan siswa miskin.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:58
      Last Modified: 16 Nov 2014 01:07
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13294

      Actions (login required)

      View Item