UDiNus Repository

Audit Penilaian Tingkat Kematangan Manajemen Data(DS11) dalam Tata Kelola IT Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 4.1 Berbasis Visual Basic.NET

RIDHO, HANIFAN BAYU (2014) Audit Penilaian Tingkat Kematangan Manajemen Data(DS11) dalam Tata Kelola IT Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 4.1 Berbasis Visual Basic.NET. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (464Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3677b) | Preview

      Abstract

      Penerapan dan pengelolaan teknologi informasi dalam sebuah instansi sangat berguna untuk meningkatan pelayanan serta proses bisnis dalam sebuah instansi. Kendala dalam penerapannya tidak ada tindakan audit untuk menilai tingkat kematangan proses manajemen data, karena itu perlu dilakukan penilaian tingkat kematangan manajemen data(DS11) pada tata kelola IT dengan kerangka kerja COBIT 4.1 yang dibantu dengan aplikasi online berbasis desktop. Proses kerangka kerja COBIT diawali dengan membuat kuesioner yang akan disebarkan kepada responden berdasarkan diagram RACI, kemudian data jawaban rsponden diolah dengan ketentuan skoring. Hasil penilaian tingkat kematangan manajemen data tersebut adalah pada tingkat Berulang, namun masih Intuitif. Pada tingkat kematangan Berulang telah memiliki pola yang sama dalam melakukan manajemen penerapan IT namun belum terdefinisi secara konsisten dan didokumentasikan dalam prosedur, maka diadakannya pelatihan untuk mensosialisasikan prosedur tersebut.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:58
      Last Modified: 16 Nov 2014 00:48
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13305

      Actions (login required)

      View Item