UDiNus Repository

Analisis Sistem Keamanan Jaringan Komputer pada PT.Malindo Feedmill,tbk Semarang Menggunakan Framework COBIT 4.1 pada Domain DS5 (Ensure System Security)

ZULIA, SANTI SHARA (2014) Analisis Sistem Keamanan Jaringan Komputer pada PT.Malindo Feedmill,tbk Semarang Menggunakan Framework COBIT 4.1 pada Domain DS5 (Ensure System Security). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (397Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      PT.Malindo Feedmill Tbk merupakan salah satu perusahaan besar yang sudah lama berkecimpung dibidang Industri Pakan terutama pakan ayam , dimana dalam pengelolaannya perusahaan ini juga sangat memanfaatkan teknologi informasi. Dengan kapasitas yang cukup luas, tentu saja peran TI sangat berpengaruh dalam pelaksanaan segala aktifitas kerja, terutama dalam pengelolaan data, dimana kemananan sistem yang ada harus benar-benar sudah teruji dan terstandard. Namun pada kenyataannya dalam implementasi layanan TI dinilai masih kurang optimal terutama dalam memastikan tingkat keamaan sistem yang ada. Penelitian ini untuk mengevaluasi Tata Kelola TI Ensure System Security (DS5) PT.Malindo Feedmill Tbk menggunakan standar COBIT 4.1. Data diperoleh melalui wawancara dan penyebaran kuisioner serta pemilihan responden yang disesuaikan berdasarkan struktur RACI Chart proses DS5 dengan metode Purposive Sampling, dan kemudian setelah semua data diperoleh, data kemudian akan diolah untuk mendapatkan tingkat kematangan (Maturity Level) kondisi saat ini (As Is) dan kondisi yang diharapkan (To Be), serta melakukan analisa kesenjangan terhadap kedua kondisi untuk dijadikan dasar dalam menetukan strategi perbaikan Tata Kelola TI terutama dalam Ensure System Security (DS5) serta perbaikan yang akan dilakukan secara bertahap menuju tingkat kematangan (maturity level) serta menentukan kondisi yang diharapkan (To Be) berdasarkan framework COBIT 4.1. Hasil penelitian menunjukan bahwa Tata Kelola TI dalam Ensure System Security (DS5) menunjukan kondisi saat ini (As Is) berada pada level 2 (Berulang tapi intuitif), sedangkan kondisi yang diharapkan (To Be) berada pada level 4 (Terkelola dan terukur). Perbaikan akan dilakukan secara bertahap dengan melakukan perbaikan yang disesuaikan dengan 6 atribut kematangan COBIT 4.1.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 18:00
      Last Modified: 15 Nov 2014 22:57
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13358

      Actions (login required)

      View Item