UDiNus Repository

ANALISIS APLIKASI KRIPTOGRAFI UNTUK SISTEM KEAMANAN PENYIMPANAN DATA ATAU INFORMASI HASIL-HASIL PENELITIAN YANG BERSIFAT RAHASIA

NOVA, EKAPUTRA BINTORO (2014) ANALISIS APLIKASI KRIPTOGRAFI UNTUK SISTEM KEAMANAN PENYIMPANAN DATA ATAU INFORMASI HASIL-HASIL PENELITIAN YANG BERSIFAT RAHASIA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (173Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3512b) | Preview

      Abstract

      Salah satu cara yang digunakan untuk pengamanan data dan atau informasi adalah menggunakan system kriptografi. Aplikasi ini, menggunakan algoritma MARS dengan modus ECB (Electronic Code Book). MARS sebagai salah satu kandidat AES (Advanced Encrypted Standard), memiliki kelebihanya itu mempunyai tingkat keamanan dan proses kecepatan yang tinggi. Hal ini menjadikan algoritma MARS sebagai pilihan terbaik untuk proses enkripsi yang diperlukan oleh dunia informasi menuju abad berikutnya. Algoritma MARS menggunakan kunci 128 bit dan proses enkripsinya terdiri dari 32 ronde. Program ini dirancang dengan menyediakan unit sarana pengiriman file, baik untuk file yang telah dienkripsi maupun jenis file biasa. Hasil pengujian menunjukkan bahwa program ini dapat berjalan sesuai dengan spesifikasi rancangannya.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 18:03
      Last Modified: 15 Nov 2014 20:26
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13431

      Actions (login required)

      View Item