UDiNus Repository

ANALISIS PERBANDINGAN METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN BACKPROPAGATION DAN PERCEPTRON DALAM MEMPREDIKSI PENYAKIT JANTUNG KORONER

RYAN, ARYO MAS (2014) ANALISIS PERBANDINGAN METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN BACKPROPAGATION DAN PERCEPTRON DALAM MEMPREDIKSI PENYAKIT JANTUNG KORONER. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (700Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3814b) | Preview

      Abstract

      Kini penyakit jantung coroner sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat umum karena penyakit ini telah menjadi penyebab kematian utama di dunia. Penyakit jantung coroner merupakan penyakit yang mematikan dan sudah terbukti di seluruh dunia. Adapun penyebab penyakit jantung coroner antara lain hipertensi, hiperlidemi, merokok, diabetes militus (DM), obesitas, stres, riwayat keluarga, alcohol dan kurang olah raga. Metode kecerdasan buatan khususnya jaringan syaraf tiruan backpropagation dan perceptron adalah dua metode yang sering digunakan untuk memprediksi penyakit jantung koroner. Perceptron termasuk salah satu bentuk jaringan syaraf yang sederhana dan backpropagation merupakan algoritma pembelajaran yang terawasi. Hasil dari penelitian ini adalah perbandingan metode jaringan syaraf tiruan backpropagation dan perceptron dalam memprediksi penyakit jantung koroner yang akan digunakan untuk mengetahui perbedaan, kekurangan, kelebihan dan hasil optimal dari kedua metode tersebut yang digunakan pada sistem memprediksi penyakit jantung koroner.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 18:05
      Last Modified: 15 Nov 2014 18:29
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13483

      Actions (login required)

      View Item