UDiNus Repository

ANALISIS BANDWIDTH MANAJEMEN DENGAN METODE HTB (HIERARCHICAL TOKEN BUCKET) PADA WARNET MAJUTUJU TANGGUNGHARJO TEGOWANU DEMAK

FAISAL, ARBI FATKHURROHMAN (2014) ANALISIS BANDWIDTH MANAJEMEN DENGAN METODE HTB (HIERARCHICAL TOKEN BUCKET) PADA WARNET MAJUTUJU TANGGUNGHARJO TEGOWANU DEMAK. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (138Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3618b) | Preview

      Abstract

      Sistem manajemen bandwidth dengan metode HTB (Hierarchical Tocken Bucket) dengan teknik antrian simple queue dan queue tree merupakan proses pengaturan bandwidth yang dipakai pada warnet MajuTuju. Hasil analisis sistem ini membuktikan penggunaan teknik antrian dan alokasi bandwidth menyebabkan perbedaan nilai packet loss , delay end-to-end, dan throughput. Nilai packet loss yang paling kecil menggunakan teknik antrian queue tree dengan alokasi bandwidth 4Mbps adalah 0.512% dan packet loss paling besar menggunakan teknik antrian queue tree dengan alokasi bandwidth 512 kbps adalah 3.866%. Nilai delay end-to-end paling kecil menggunakanteknik antrian simple queue dengan alokasi bandwidth 4Mbps adalah 0.8186 ms dan delay end-to-end paling besar menggunakan teknik antrian queue tree dengan alokasi bandwidth 512 kbps adalah 6.2648 ms. Pengaturan sistem manajemen bandwidth ini memberikan throughput yang terkontrol sesuai dengan alokasi upload dan download yang diberikan.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 18:05
      Last Modified: 15 Nov 2014 17:47
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13501

      Actions (login required)

      View Item