UDiNus Repository

PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING MENENTUKAN GURU TELADAN DI SMP NEGERI 21 SEMARANG

APIT, MARDIANTO (2014) PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING MENENTUKAN GURU TELADAN DI SMP NEGERI 21 SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (666Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3973b) | Preview

      Abstract

      Secara umum, penilaian guru yang digunakan di SMP N 21 Semarang masih menggunakan sistem manual. Dengan demikian tindakan membuat pengolahan data guru teladan berjalan lambat dan membutuhkan ketelitian tinggi karena tingginya jumlah guru. Semua prosedur pengolahan data hanya dilakukan oleh kepala sekolah. Kepala sekolah sendiri sudah memiliki tugas mengajar, sehingga ia memiliki sedikit waktu untuk memilih guru teladan untuk sekolah. Tujuan makalah ini adalah untuk membangun sebuah sistem pendukung keputusan yang memiliki kemampuan analisis untuk memilih guru teladan dengan menggunakan metode simple additive weighting. Dalam metode ini, setiap kriteria memiliki bobot tersendiri. Fungsi berat diberikan untuk memprioritaskan kriteria mana yang lebih disukai daripada yang lain. Setelah nilai-nilai yang diinput ke metode simple additive weighting, akan menghasilkan nilai untuk prioritas tertinggi untuk semua guru. Sistem pendukung keputusan membantu untuk menilai masing-masing guru, membuat perubahan pada kriteria dan nilai berat. Sistem ini berguna untuk memudahkan pengambil keputusan untuk memecahkan masalah terkait pada seleksi guru teladan. Jadi pada akhirnya, sekolah akan mendapatkan yang paling layak guru untuk diberikan penghargaan.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 18:07
      Last Modified: 15 Nov 2014 16:15
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13543

      Actions (login required)

      View Item