UDiNus Repository

Pengenalan Ekspresi Wajah Pengguna eLearning Menggunakan Artificial Neural Network dengan Fitur Ekstraksi Local Binary Pattern dan Gray Level Coocurency Matrix

-, HUSDI Pengenalan Ekspresi Wajah Pengguna eLearning Menggunakan Artificial Neural Network dengan Fitur Ekstraksi Local Binary Pattern dan Gray Level Coocurency Matrix. Pengenalan Ekspresi Wajah Pengguna eLearning Menggunakan Artificial Neural Network dengan Fitur Ekstraksi Local Binary Pattern dan Gray Level Coocurency Matrix.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (83Kb) | Preview

    Abstract

    Pembelajaran eLearning merupakan sistem pembelajaran berbasis elektronik yang terdiri dari berbagai domain teknologi pembelajaran seperti desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan penilaian proses dan sumber belajar elektronik, interaksi pemelajar merupakan kelemahan yang harus diperhatikan dalam pembelajaran eLearning, salah satunya dengan pengenalan ekspresi wajah pengguna eLearning. Ekspresi wajah dapat dikenali berdasarkan perubahan fitur penting wajah sebagai parameter yaitu pada mata, alis, mulut dan dahi, namun dalam penelitian ini dibatasi pada objek mata dan mulut sebagai parameter untuk pengenalan ekspresi wajah. Pada tahapan fitur ekstraksi digunakan LBP (Local Binary Pattern ) dan GLCM (Gray Level Coocurancy Matrix) untuk mendapatkan nilai-nilai parameter yang akan dijadikan inputan pada klasifikasi yaitu Contrast, Correlation, Energi dan Homogenity. Selanjutnya pada tahap klasifikasi digunakan algoritma Artificial Neural Network untuk mengenali ekspresi wajah. Ekspresi Wajah yang berhasil dikenali adalah Neutral, Smile/happy, Tired/Sleepy dengan akurasi tertinggi yang didapatkan adalah 88,89%.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 02 Dec 2014 09:11
    Last Modified: 02 Dec 2014 09:15
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13935

    Actions (login required)

    View Item