UDiNus Repository

PERILAKU OTONOM DAN ADAPTIF NON PLAYER CHARACTER MUSUH PADA GAME 3 DIMENSI MENGGUNAKAN FUZZY STATE MACHINE DAN RULE BASED SYSTEM

PUTRA, FAHRUL PRADHANA PERILAKU OTONOM DAN ADAPTIF NON PLAYER CHARACTER MUSUH PADA GAME 3 DIMENSI MENGGUNAKAN FUZZY STATE MACHINE DAN RULE BASED SYSTEM. PERILAKU OTONOM DAN ADAPTIF NON PLAYER CHARACTER MUSUH PADA GAME 3 DIMENSI MENGGUNAKAN FUZZY STATE MACHINE DAN RULE BASED SYSTEM.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (8Kb) | Preview

    Abstract

    Keberadaan Non Player Character (NPC) dalam suatu game merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan game itu menarik atau tidak. Jika tidak ada NPC yang cerdas dimana NPC tidak bersifat adaptif, reaktif dan otonom maka game dilihat dari sisi gameplay dapat dikatakan tidak menarik dan cenderung membosankan. Pada penelitian ini, penulis mengembangkan variasi perilaku NPC musuh yang otonom dan adaptif menggunakan kombinasi dari tiga metode yaitu logika Fuzzy, Finite State Machine dan Rule Based System. Perilaku otonom yaitu NPC dapat melakukan pergerakkan secara otomatis tanpa dikendalikan oleh player. Perilaku adaptif yaitu NPC dapat melakukan perubahan pergerakkan menyesuaikan dengan aksi player dan keadaan environment. 7 variasi perilaku cerdas NPC musuh yang dihasilkan dari penelitian ini antara lain perilaku otonom statis dan dinamis (FuSM), perilaku otonom dan adaptif menyerang statis (FSM+RBS), perilaku otonom dan adaptif menyerang dinamis (FSM+RBS), perilaku otonom dan adaptif terhadap penghalang bercelah bawah dan penghalang rendah (FSM+RBS), perilaku otonom dan adaptif terhadap penghalang tinggi (FSM+RBS), perilaku otonom dan adaptif terhadap serangan atau tembakan player dan jarak player (RBS), perilaku otonom dan adaptif terhadap tembakan player (FuSM+RBS). Dari hasil pengujian rata-rata pengujian frame per second, graphics, main thread didapatkan nilai performance yang paling baik yaitu pada perilaku yang menggunakan gabungan dari metode Fuzzy State Machine (FuSM) dan Rule Based System (RBS). Penggunaan metode dengan menggunakan kolaborasi tiga metode yaitu logika Fuzzy, Finite State Machine dan Rule Based System (FuSM+RBS) menghasilkan tingkat kehalusan pergerakkan NPC yang lebih tinggi, pemrosesan grafik yang lebih cepat, pemrosesan main thread atau kinerja performance yang lebih cepat dan proses renderer komponen game yang cukup cepat dibandingkan dengan yang hanya menggunakan 2 metode saja logika Fuzzy dan Finite State Machine (FuSM) atau ya

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 02 Dec 2014 09:19
    Last Modified: 02 Dec 2014 09:25
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13937

    Actions (login required)

    View Item