UDiNus Repository

Prediksi Keputusan Klien Telemarketing untuk Deposito Pada Bank Menggunakan Algoritma Naive Bayes Berbasis Backward Elimination

SULAEHANI, RUHMI Prediksi Keputusan Klien Telemarketing untuk Deposito Pada Bank Menggunakan Algoritma Naive Bayes Berbasis Backward Elimination. Prediksi Keputusan Klien Telemarketing untuk Deposito Pada Bank Menggunakan Algoritma Naive Bayes Berbasis Backward Elimination.

[img] PDF - Published Version
Download (83Kb)

    Abstract

    Telemarketing merupakan salah satu promosi yang dianggap paling efektif dalam mempromosikan produk, strategi pemasaran ini dilakukan oleh bank-bank untuk menawarkan produk pada klien, salah satu produk yang ditawarkan bank yaitu deposito berjangka. Sulitnya mengetahui keputusan klien telemarketing untuk melakukan deposito berjangka pada bank menyebabkan bank selalu menghadapi ancaman krisis keuangan. Oleh karena itu, telemarketing bank harus dapat membuat target klien, klien mana yang berpotensi untuk melakukan deposito dengan melihat data-data klien yang ada. Dalam penelitian ini digunakan algoritma Naive Bayes untuk memprediksi keputusan klien telemarketing dengan menggunakan dataset gudang data UCI Repository. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai akurasi Naive Bayes sebesar 89,08%, setelah dilakukan pemilihan fitur dengan menggunakan Backward Elimination didapatkan hasil akurasi yang lebih tinggi yaitu sebesar 90,69%, dengan melihat nilai akurasi maka algoritma Naive Bayes berbasis Backward Elimination meningkatkan akurasi untuk memprediksi keputusan klien telemarketing. Kata kunci : Telemarketing, Deposito berjangka, Naive Bayes, Backward Elimination.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 02 Dec 2014 14:49
    Last Modified: 02 Dec 2014 14:49
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13943

    Actions (login required)

    View Item