UDiNus Repository

Thresholding dengan Pendekatan Probability Density Function pada Alpha Matting untuk Tracking Gerakan Pengguna E-Learning

PANNA, SUDIRMAN S. Thresholding dengan Pendekatan Probability Density Function pada Alpha Matting untuk Tracking Gerakan Pengguna E-Learning. Thresholding dengan Pendekatan Probability Density Function pada Alpha Matting untuk Tracking Gerakan Pengguna E-Learning.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (95Kb) | Preview

    Abstract

    Segmentasi merupakan tahapan preprocessing yang sangat penting dalam melakukan tracking objek dan analisis terhadap citra untuk membangun sebuah model fungsi monitoring untuk mengenali perilaku pemelajar sebagai pengguna eLearning adaptif. Metode alpha matting merupakan salah satu pendekatan dalam melakukan segmentasi. Penelitian sebelumnya digunakan metode clustering Fuzzy C-Mean untuk penentuan nilai threshold pada alpha matting, namun pendekatan tersebut masih membutuhkan waktu proses yang lama dan masih terdapatnya pixel error, oleh karena itu, pada penelitian ini mengusulkan pendekatan probability density function (PDF) untuk menentukan nilai threshold pada alpha matting guna meningkatkan performance dalam melakukan segmentasi objek, baik dari segi waktu proses dan jumlah pixel error yang hasilkan. Pada eksperimen yang dilakukan, pendekatan yang diusulkan mampu menghasilkan waktu proses yang lebih cepat untuk keseluruhan dataset dengan jumlah total sebesar 0.3550 satuan waktu dan rata-rata per frame sebesar 0.0118 satuan waktu, sementara untuk jumlah pixel error yang dihasilkan secara keseluruhan yakni sebesar 2.52E+03 dengan rata-rata per frame nya sebesar 8.40E+01 jumlah tersebut lebih disedikit dibandingkan dengan pendekatan Fuzzy C-Mean dan Otsu untuk pemilihan nilai threshold. Namun untuk kasus tertentu seperti video dengan low-contrast pendekatan Fuzzy C-Means menghasilkan jumlah pixel error yang lebih sedikit dibandingkan pendekatan Otsu dan pendekatan yang diusulkan.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 02 Dec 2014 15:10
    Last Modified: 02 Dec 2014 15:14
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13950

    Actions (login required)

    View Item