UDiNus Repository

Analisis Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen, Dan Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Di Kota Semarang

ARIF, ANAS (2014) Analisis Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen, Dan Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Di Kota Semarang. Skripsi Manajemen.

[img] PDF - Published Version
Download (2379b)

    Abstract

    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh angka penjualan Suzuki yang terpaut jauh dari Honda dan Yamaha pada periode 2006-2010, market share Suzuki yang mengalami penurunan sejak 2007 hingga 2010, dan tidak adanya satupun lini produk sepeda motor Suzuki yang berhasil masuk dalam survei Top Brand Index pada 2010. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen dan asosiasi merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor Suzuki. Sampel yang diambil yaitu sebesar 100 responden dan teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Data diperoleh dari kuesioner yang kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi: uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh persamaan regresi: Y = -1,154 + 0,112 X1 + 0,218 X2 + 0,353 X3 + 0,143 X4 + e Dimana (Y) merupakan variabel keputusan pembelian, sedangkan (X1) adalah motivasi konsumen, (X2) adalah persepsi konsumen, (X3) adalah sikap konsumen, dan (X4) adalah asosiasi merek. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa hanya variabel persepsi konsumen (X2) dan sikap konsumen (X3) yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel keputusan pembelian (Y). Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel motivasi, persepsi, sikap konsumen, dan asosiasi merek layak untuk menguji keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Adjusted R Square, diperoleh sebesar 0,452. Hal ini berarti 45,2 % keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel motivasi, persepsi, sikap konsumen, dan asosiasi merek. Sedangkan sisanya 54,8 % variabel keputusan pembelian dap

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
    Ilmu Sosial > Manajemen
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
    Library of Congress Subject Areas > Ilmu Sosial > Manajemen
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 11 Dec 2014 11:06
    Last Modified: 11 Dec 2014 11:06
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14015

    Actions (login required)

    View Item