UDiNus Repository

“GUBUK IT DI TENGAH KOTA” SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN PENGANGGURAN PADA KELURAHAN PETOMPON MELALUI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN TEKNOLOGI INFORMASI

Habiba, Azifa and Indah, Cahya Nurani and Pinasthika, Latri Fitra (2014) “GUBUK IT DI TENGAH KOTA” SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN PENGANGGURAN PADA KELURAHAN PETOMPON MELALUI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN TEKNOLOGI INFORMASI. PKM-M.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2257Kb) | Preview

    Abstract

    Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, masyarakat dituntut untuk mengerti tentang IT. Disadari atau tidak, semua lapangan pekerjaan yang ada 99% menggunakan bidang IT. Lalu yang menjadi pertanyaan, mengapa masih banyak pengangguran di Indonesia?. Jawabannya adalah karena mereka tidak memanfaatkan IT dengan sebaik baiknya, masyarakat cenderung menggunakan IT hanya untuk bersenang senang. Salah satu contohnya yaitu banyak anak jalanan tiap harinya masuk warnet hanya untuk bermain game. Mereka dengan cerdasnya bermain game padahal tidak pernah mengenyam pendidikan sama sekali. Padahal jika melihat dunia luar, banyak sekali lapangan pekerjaan yang layak mereka dapatkan jika mereka ada kemauan untuk belajar IT. Mereka bisa bekerja di rental komputer, digital printing, instalasi software dll. Namun ada satu hal yang menjadi hambatan buat mereka, yakni tidak adanya tentor ataupun media untuk belajar mengerti tentang IT. Dengan melihat kondisi tersebut, adanya pelatihan IT sangat bermanfaat untuk masyarakat pengangguran. Pelatihan tersebut akan dilaksanakan selama 7 hari. Tujuan jangka panjangnya adalah untuk meminimalisir adanya penggangguran di tengah kota, karena pelatihan ini sasarannya mengarah pada lapangan pekerjaan yang saat ini membutuhkan SDM untuk dipekerjakan. Target khusus yang ingin dicapai yaitu agar mereka paham saat mengikuti pelatihan yang dirangkum dengan konsep IT week. Setelah adanya pelatihan diharapkan minimal 50% dari yang mengikuti pelatihan akan mendapat pekerjaan yang layak. Bahkan jika mereka mau mengembangkan, tidak menutup kemungkinan untuk mereka menjadi pengusaha muda. Dalam PKM ini akan dipaparkan secara khusus tentang konsep Pelatihan IT Week. Semoga PKM ini bisa merubah presentase jumlah pengangguran minimal di ruang lingkup kota Semarang.

    Item Type: Article
    Subjects: Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian kepada Masyarakat
    Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian kepada Masyarakat
    Divisions: Biro > Biro Kemahasiswaan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 11 Dec 2014 18:02
    Last Modified: 11 Dec 2014 21:16
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14032

    Actions (login required)

    View Item