UDiNus Repository

“WATRE KUSANG (WATER TREATMEN BERBASIS KULIT PISANG)” PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA PASIR KECAMATAN MIJEN KABUPATEN DEMAK DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS HIDUP BERSIH DAN SEHAT

Nugraheni, Eka Hesti and Kurniandani, Muchsinah Febrina and Aldiansyah , Raza and Kusuma , Leonardo Budi and Biru, Enggar Tunjung (2014) “WATRE KUSANG (WATER TREATMEN BERBASIS KULIT PISANG)” PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA PASIR KECAMATAN MIJEN KABUPATEN DEMAK DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS HIDUP BERSIH DAN SEHAT. PKM-M.

[img] PDF - Published Version
Download (1083Kb)

    Abstract

    Ketersediaan air bersih yang memenuhi standart minimal air bersih menjadi kendala bagi sebagian besar warga Demak, khususnya warga Desa Pasir Kecamatan Mijen Kabupaten Demak dengan Data kependudukan menunjukkan Desa Pasir terdiri dari 2430 Kepala Keluarga, dengan jumlah penduduk 5702 jiwa , jumlah penduduk laki-laki 2886 jiwa dan penduduk perempuan 2816 jiwa. Sebagian besar warga Desa Pasir menggunakan air dengan memanfaatkan air sungai atau air sumur yang ada dan belum tentu air tersebut layak untuk digunakan dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari. Dari kondisi yang ada maka terlintas sebuah gagasan membuat program pengabdian masyarakat yaitu suatu instalasi pengolahan air bersih yang memanfaatkan kulit pisang sebagai filternya di Desa Pasir Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Alat yang digunakan yaitu alat sederhana. Metode yang dilakukan yaitu membentuk swadaya masyarakat setempat sebagai panitia, pemberian suatu pengarahan, proses perancangan sistem, proses pembangunan sistem,tahap pengujian laboratorium untuk mengetahui kelayakan air dan jika memenuhi syarat maka akan didistribusikan ke masyarakat. Mekanisme dilakukan dalam 3 tahap yaitu tahap penjernihan air dengan kulit pisang, saringan sederhana cepat dan lambat sehingga akan didapatkan hasil akhir air bersih. Setelah didapatkan hasil akhir perlu dilakukan uji kualitas air apakah telah memenuhi syarat air sehat ataukah tidak. Analisis kualitas air dapat dilakukan di laboratorium agar teruji secara klinis. Sehingga terciptanya instalasi pengolahan air bersih yang memanfaatkan kulit pisang sebagai filterya dan terbentuknya suatu komunitas masyarakat yang peduli dengan hidup bersih dan sehat.

    Item Type: Article
    Subjects: Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian kepada Masyarakat
    Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian kepada Masyarakat
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 12 Dec 2014 10:12
    Last Modified: 12 Dec 2014 10:41
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14039

    Actions (login required)

    View Item