UDiNus Repository

KOKOPANDA (Kotak Kado Papertoy dan Diorama) Cara Baru Ungkapkan Kasih Sayang dengan Kotak Kado yang Unik, Kreatif dan Penuh Cinta

Prayitno, Iwan and Kaisar , Mahalrani Putri Ayuk and Hikam, Muhammad Nurul and Adilla, Maghriza Fakri (2014) KOKOPANDA (Kotak Kado Papertoy dan Diorama) Cara Baru Ungkapkan Kasih Sayang dengan Kotak Kado yang Unik, Kreatif dan Penuh Cinta. PKM-K.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (680Kb) | Preview

    Abstract

    Kado biasanya diberikan pada hari atau momen spesial tertentu seperti acara ulang tahun, pernikahan, hari valentine, dan hari special lain sebagai wujud dari perhatian dan kasih sayang terhadap orang terdekat atau orang yang dicintai, biasanya kado diberikan berupa barang atau benda kesukaan dari orang yang akan diberi hadiah seperti memberi pakaian, parfum, bunga, perhiasan, aksesoris, barang elektronik dan lain-lain. Memberi kado berupa barang atau benda kesukaan dari orang yang akan kita beri hadiah merupakan hal yang biasa, tujuan dari Kokopanda adalah membuat kado yang unik dan kreatif, karena konsep yang ditawarkan Kokopanda adalah membuat kado dengan papertoy dari karakter dari orang yang akan kita beri hadiah, dimana papertoy tersebut dimasukkan dalam kotak kado dan dihias ornamen sesuai karakter dari orang yang akan diberi hadiah. Usaha Kokopanda merupakan usaha baru dibidang pembuatan kado, dimana pesaing dari usaha ini juga masih belum ada di Semarang dan sekitarnya, sehingga usaha ini memiliki prospek dan kesempatan yang besar untuk dikembangkan. Dalam membuka suatu usaha tentu banyak hal yang harus direncanakan oleh pelaku usaha sebelum memulai suatu usaha, halhal yang harus diperhatikan yaitu 4P ( product, price, place, promotion). Langkah-langkah juga dilakukan dalam usaha ini, usaha-usaha tersebut antara lain: desain, produksi dan pemasaran. Untuk produksi dilakukan setelah ada pemesanan, jadi pelanggan melakukan pemesanan terlebih dahulu Kokopanda seperti apa yang mereka inginkan, pelanggan bisa memberikan foto atau gambar orang yang akan dijadikan objek papertoy, kemudian pelanggan memilih tema apa yang akan dipilih untuk diorama kotak kado itu nanti. Produksi sendiri bisa dilakukan 1-2 hari tergantung dari tingkat kesulitan dan ukuran Kokopanda yang dipesan. Setelah tahap pemesanan tahap selanjutnya adalah desain karakter dan ornamen dengan menggunakan aplikasi Corel Draw dan Photoshop dikomputer, dilanjutkan tahap produksi meliputi : pencetakan desain, pemotongan desain, melipat kertas sesuai desain dilanjutkan dengan memasang papertoy dan ornamen pada kotak kado. Target dari Kokopanda adalah para generasi muda yang menyukai hal baru dan unik. Dilihat dari target usaha Kokopanda yang merupakan generasi muda, metode pemasaran yang tepat adalah dengan membuat tempat usaha di pusat-pusat perbelanjaan, karena biasanya muda-mudi banyak yang mengunjungi tempat tersebut. Untuk menunjang kegiatan pemasaran dan promosi langkah yang kami lakukan adalah dengan membuat website dan fanpage di media sosial, pembuatan website dan fanpage juga bertujuan untuk mempermudah pemesanan produk karena mudah diakses dari mana saja, konsumen juga bisa melihat contoh produk dan memilih Kokopanda seperti apa yang mereka inginkan. Untuk pemesan luar semarang bisa melakukan pembayaran dengan transfer melalui bank, dan untuk pengiriman Kokopanda bisa dilakukan dengan jasa kurir. Dengan produk yang unik dan berbeda pada umumnya, kemudahan melihat dan pemesanan produk melalui website dan fanpage, serta kemudahan pembayaran dan pengiriman produk untuk pelanggan diluar Semarang, usaha ini akan lebih berkembang dan kontinyu untuk mendapatkan profit yang lebih besar dan bisa dijadikan trend baru dalam memberikan kado atau hadiah.

    Item Type: Article
    Subjects: Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan
    Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan
    Divisions: Biro > Biro Kemahasiswaan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 15 Dec 2014 16:29
    Last Modified: 15 Dec 2014 16:29
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14085

    Actions (login required)

    View Item